Jumat, 21 Mei 2010

Wide Area Network

WAN adalah singkatan dari Wide Area Network, merupakan jaringan yang berbasis Luas atau Global. Yang sebagai contoh, yaitu jaringan komputer anatar wilayah, kota atau negara, atau dapat didefinisikan juga jaringan komputer yang membutuhkan router atau jaringan publik.

Akses Wide Area Network menjadi sangat penting saat ini dalam mendukung kelancaran berbagai bisnis besar. WAN adalah jaringan komunikasi data yang beroperasi pada wilayah geografis yang lebih besar dari cakupan LAN.

Terdapat begitu banyak pilihan yang tersedia untuk mengimplementasikan WAN yang bisa dibedakan berdasarkan teknologi, kecepatan dan biaya yang dibutuhkan.

WAN berbeda dengan LAN dalam beberapa hal. LAN menghubungkan komputer, periperal dan peralatan lain yang berada pada satu gedung atau wilayah geografis yang kecil, sedangkan WAN memperbolehkan terjadinya transmisi data melalui jarak geografis yang lebih besar dan sulit di jangkau.

Menggunakan fasilitas yang disediakan oleh service provider atau Carrier seperti telepon atau kabel untuk menghubungkan setiap lokasi ke lokasi, dari setiap organisasi ke organisasi lainnya, pelayanan lain dan pengguna network yang di remote. Pada umumnya, WAN mentransimisikan berbagai jenis traffic seperti suara, data dan video.

Satu perbedaan utama LAN dengan WAN adalah organisasi harus berlangganan kepada penyedia jaringan dari perusahaan penyedia jaringan yang ada.
Sebuah WAN menggunakan jalur data untuk membawa data menuju ke internet dan menghubungkan lokasi lokasi perusahaan yang terpisah-pisah. Telepon dan layanan data yang paling banyak digunakan pada WAN.

Perangkat pada pelanggan disebut CPE (Customer Premises Equipment). Pelanggan memiliki sendiri atau menyewa dari service provider. Kabel tembaga, serat optik atau wireless yang digunakan untuk menghubungkan CPE ke sentral provider terdekat atau ke kantor pusat dari service provider. Media ini sering disebut dengan local loop.

Perangkat yang meletakkan data ke local loop disebut DCE (Data Circuit-terminating Equipment). Perangkat pelanggan yang melewatkan data ke DCE disebut dengan DTE (Data Terminal Equipment).

  • Perangkat WAN
WAN menghubungkan beberapa LAN melalui jalur komunikasi dari service provider. Karena jalur komunikasi tidak bisa langsung dimasukkan ke LAN maka diperlukan beberapa perangkat interface. Perangkat perangkat tersebut antara lain:

1. Router
LAN mengirimkan data ke Router, kemudian Router akan menganalisa berdasarkan informasi alamat pada layer 3. Kemudian Router akan meneruskan data tersebut ke interface WAN yang sesuai berdasarkan routing table yang dimilikinya. Router adalah perangkat jaringan yang aktif dan intelegent dan dapat berpartisipasi dalam manajemen jaringan. Router mengatur jaringan dengan menyediakan kontrol dinamis melalui sumber daya dan mendukung tugas dan tujuan dari jaringan. Beberapa tujuan tersebut antara lain konektivitas, perfomansi yang reliabel, kontrol manajemen dan fleksibilitas.

2. CSU/DSU
Jalur komunikasi membutuhkan sinyal dengan format yang sesuai. Untuk jalur digital, sebuah Channel Service Unit (CSU) dan Data Service Unit (DSU) dibutuhkan. Keduanya sering digabung menjadi sebuah perangkat yang disebut CSU/DSU.

3. Modem
Modem adalah sebuah perangkat dibutuhkan untuk mempersiapkan data untuk transmisi melalui local loop. Modem lebih dibutuhkan untuk jalur komunikasi analog dibandingkan digital. Modem mengirim data melalui jalur telepon dengan memodulasi dan demodulasi sinyal. Sinyal digital ditumpangkan ke sinyal suara analog yang dimodulasi untuk ditransmisikan.Pada sisi penerima sinyal analog dikembalikan menjadi sinyal digital atau demodulasi.

4. Communication Server
Communication Server mengkonsentrasikan komunikasi pengguna dial-in dan remote akses ke LAN. Communication Server memiliki beberapa interface analog dan digital serta mampu melayani beberapa user sekaligus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


 
Copyright © 2010 ~ Dinda Meida Blog ~ | Design : Noyod.Com